,

Resep Masakan Gerem Asem Khas Serang Banten

oleh
Resep Masakan Gerem Asem Khas Serang Banten
Resep Masakan Gerem Asem Khas Serang Banten

Serang Banten yang kita kenal ketika masa perjuangan bangsa Indonesia dulu, ternyata menyimpan sebuah resep dengan rasa khas Nusantara. Namanya “Gerem Asem”.

Baca : Kumpulan Resep Sambal Khas Indonesia Segar Dan Lezat

Gerem Asem mungkin bukan makanan yang asing lagi. Gerem Asem merupakan kuliner khas Banten yang populer dan disukai berbagai kalangan.Gerem asem memiliki cita rasa yang khas yakni rasa pedas dan rasa asam. Namun, meskipun rasa pedas yang tiada tara, tidak akan membuat perut kita mulas-mulas. Gerem asem ini berbahan dasar daging ayam atau bebek.Untuk membuat gerem asem ini di rumah cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bebek atau ayam

Baca Juga : Resep Masakan Tongseng Daging Sapi Lezat

Masakan yang bisa dibilang beda dari yang lain ini mempunyai cita rasa yang unik. Disamping rasa gurih seperti umumnya masakan lain, ada rasa unggulan tersendiri yaitu rasa pedas yang nendang berpadu rasa asam yang membuat sensasi rasa yang menakjubkan.

Baca Juga : Bumbu Soto Ayam Bening – Resep Masakan

Gerem asem berbahan dasar daging ayam atau bebek, atau bisa juga diganti dengan daging lainnya sesuai selera. Namun, meskipun rasa pedas yang tiada tara, tidak akan membuat perut kita mulas-mulas atau gimana, karena perpaduan bahan-bahan di dalamnya mampu menetralisir efek samping dari rasa pedas maupun asamnya.

Resep Masakan Gerem Asem

Ini adalah masakan khas Serang Banten, bahan yg di gunakan bisa bebek atw ayam kampung. Rasanya asem2 pedas, cukup segar di nikmati dengan nasi panas. Resep saya untuk 1 ekor ayam kampung, kalau mw pakai bebek bumbu bisa d tambah lebih banyak untuk bawang merah dan rawit masing2 250 gram. Ketika sy memasak resep ini stok cabe rawit kurang dari 100 gram jadi saya tambahkan cabe merah keriting.

Bahan-bahan

5 porsi
1 ekor ayam kampung
100 gram bawang merah
100 gram cabe rawit hijau
2 batang sereh
4 lembar daun salam
secukupnya asam jawa
secukupnya garam
secukupnya gula merah
secukupnya vetsin

Langkah

  1. Ayam di potong-potong lalu cuci bersih.
  2. Haluskan bumbu bawang merah dan rawit, sereh di memarkan, asam jawa secukupbya di rendam air
  3. Masukan ayam kedalam panci, lalu masukan bumbu, aduk rata, masak dengan api sedang (tanpa air) selama 7-10 menit. Nanti ayam dengan sendirinya mengeluarkan air
  4. Setelah 10 menit. Tambahkan air 500ml, dan air asam jawa secukup nya, masak sampai meresap hingga air menyusut. Lalu tambahkan lagi 1200ml air, masukan garam secukupnya, gula merah secukupnya, vetsin secukupnya. Masak sampai ayam benar2 empuk.
  5. Setelah matang di pas kan rasa nya. Karena ini GEREM ASEM jadi rasa asam harus benar2 terasa berpadu dengan pedas nya rawit. Jadi rasanya asem2 pedas bgtu. Selamat mencoba