Obat Alami Sakit Perut Melilit Ampuh

oleh

Obat sakit perut alami – Penyebab sakit perut adalah infeksi bakteri yang masuk dari makanan yang kita konsumsi. Sebagai contoh bakteri penyebab sakit perut adalah bakteri E Colli yang menjadi penyebab diare. sakit perut bisa disebabkan berbagai penyebab seperti mengonsumsi makanan yang tidak higienis, bisa karena telat makan, maag, diare, dan lain-lain. Gejala sakit perut biasa secara umum ditandai dengan rasa mual, mules, perut terasa sakit, perut terasa meilit, sering buang air besar dan lainnya. Oleh karena itu, penanganan sakit perut juga akan berbeda-beda pada setiap orang. Penanganan sakit perut disesuaikan dengan penyebab sakit perut itu sendiri.

 

Gejala yang muncul pada sakit perut biasa pada umumnya timbul disertai dengan adanya rasa kram pada perut. Tentunya kondisi ini membuat perut menjadi tidak nyaman. Untuk itu, sebaiknya anda mengatasi sakit perut ini.

Lalu, apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengobati sakit perut? Simak bahasannya pada artikel ini

 

Obat Alami Sakit Perut Paling Ampuh

Beberapa bahan herbal bisa anda manfaatkan sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan sakit perut. Obat sakit perut dapat anda gunakan dari berbagai bahan tradisional seperti temulawak, jahe, kunyit, bawang merah, dan masih banyak yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati sakit perut anda berikut ini:

1. Obat sakit perut dari Ramuan Oralit

Oralit merupakan salah satu ramuan tradisional yang banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit perut seperti diare. Ramuan tradisional ini sudah banyak digunakan sejak dulu. Obat oralit ini juga bisa digunakan untuk mengatasi diare pada anak kecil.

2. Obat sakit perut dari Jambu Biji

Sakit perut yang disebabkan oleh penyakit diare juga bisa anda atasi dengan mengonsumsi bahan herbal yaitu daun jambu biji. Selaun buah jambu bijinya yang nikmat, ternyata daun jambu biji juga bermanfaat untuk kesehatan yakni untuk membantu menghilangkan sakit perut diare.

Pada daun jambu biji memiliki kandungan zat yang bernama Tanin yang bermanfaat untuk melawan pertumbuhan bakteri yang bernama E-coli serta staphylococcus aureus. Daun jambu biji yang telah dikeringkan dan dihaluskan bisa memiliki kandungan zat tanin sebanyak 17%. Cara membuat obat sakit perut diare dari daun jambu biji sebagai berikut:

3 . Obat Sakit perut dari Daun Cermai

Salah satu jenis daun yang bisa dimanfaatkan untuk membantu meringankan sakit perut adalah daun cermai. Daun cermai memiliki sifat sebagai antibakteri yang mampu membunuh kuman atau bakteri yang menjadi penyebab sakit perut.

4. Obat Sakit perut dari Kunyit

Salah satu tanaman obat yang berguna untuk membantu mengobati sakit perut adalah kunyit. Pada kunyit mengandung antibiotik yang berguna untuk meringankan sakit perut yang disebabkan oleh abkteri serta meredakan sakit perut pada wanita saat mengalami haid.

5. Obat sakit perut dari akar bunga matahari

Tanaman bunga matahari banyak memiliki manfaat. Beberapa manfaat dari bagian bunga matahari diantaranya seperti biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, dan akar bunga matahari bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit perut. Cara membuat obat herbal sakit perut dari akar bunga matahari adalah sebagai berikut:

6. Obat Sakit perut dari Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Selain bermanfaat sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi sakit perut. Pada jahe mengandung zat zingiberin dan gingerol yang berkhasiat meringankan sakit perut yang diakibatkan bakteri. Jahe dapat dimanfaatkan sebagai minuman untuk mengatasi saat perut terasa mual dan kembung.

7. Obat Sakit perut dari kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan dalam berbagai macam bahan masakan. Kapulaga juga ternyata memiliki manfaat untuk menghangatkan badan. Kapulaga memiliki senyawa yang memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk membantu meredakan sakit perut.

8. Obat sakit perut dari daun iler

Selain daun cermai, jenis daun yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan sakit perut adalah daun iler. Daun iler termasuk dalam salah satu jenis tanaman yang langka. Anda bisa memanfaatkan daun iler ini untuk mengatasi perut mules. Cara mengobati sakit perut menggunakan daun iler adalah sebagai berikut:

9. Obat Sakit perut dari Biji Jati belanda

Biji jati belanda sudah dikenal banyak dimanfaatkan sebagai bahan herbal obat, salah satunya untuk menyembuhkan sakit perut. Cara membuat obat herbal dari biji jati belanda sebagai berikut:

10. Obat Oles dari Bawang merah

Anda bisa memanfaatkan bawang merah sebagai obat luar untuk meringankan sakit perut. Berikut cara membuat obat oles sakit perut dari bawang merah

Sakit perut melilit memang bukan sakit perut biasa, rasa sakit yang ditimbulkannya membuat penderita merasa khawatir dan sangat menderita sehingga ingin cepat-cepat mengobati dengan tuntas, baik itu dengan cara alami, obat-obatan, atau apapun itu. Lantas, apa obat sakit perut melilit yang ampuh menurut dokter?

Baca juga: 

Jika dengan penanganan awal yang sederhana seperti di atas sudah dapat meringankan gejala maka tidak perlu untuk menggunakan obat. Namun sebaliknya, jika kondisinya begitu serius maka lebih baik segera memeriksakan diri. Sekian, semoga bermanfaat.