Mobil Termurah Rp 40 jutaan Ini Gagal Memikat Konsumen

oleh

OTOMOTIF, – Tata Nano Mobil Termurah Indonesia Rp 40 jutaan Memiliki gelar sebagai mobil termurah sejagat ternyata tidak membuahkan hasil bagi Tata Nano. Mobil produksi India yang dijual dengan harga mulai 200 ribu Rupee, atau setara Rp41 jutaan ini gagal memikat konsumen.

Dilansir dari Rushlane, Sabtu 2 Desember 2017, saat ini pabrik Tata hanya memproduksi Nano sebanyak dua unit per hari.

Penjualannya juga makin parah. Dari 355 unit pada Mei 2017 menjadi hanya 57 unit di Oktober kemarin. Bahkan, diler-diler telah menyetop pemesanan unit sejak 3-4 bulan lalu.

Jumlah Tata Nano yang diekspor juga tidak memuaskan. Pada periode April-Oktober tahun ini, hanya 111 unit yang dipasarkan di luar India.

 Tata Nano
Ruangan Dalam Bagian Depan Tata Nano

Meski penyedia komponen tidak mendapat instruksi untuk menghentikan pengiriman, namun mereka diminta untuk tidak melakukan pengembangan. Artinya, tidak akan ada versi baru dari mobil mungil tersebut.

Awal tahun ini, mantan bos Tata Group, Cyrus Mistry mengatakan bahwa di masa kepemimpinannya, perusahaan merugi hingga 10 miliar Rupee atau Rp2 triliun untuk membuat Nano tetap eksis.

Ia sempat mengusulkan untuk menghentikan proyek mobil murah tersebut, namun ditolak oleh para pemangku kepentingan perusahaan.

Interior Mobil Tata Nano
Interior Mobil Tata Nano

Tata Nano hadir kehdapan publik tanah air dengan membawakan desain body yang sedikit berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya. Desain body yang kecil mungil menjadikan mobil ini makin lincah dan mudah dikendarai terutama ketika melewati jalanan yang sempit. Selian itu mobil ini juga dipersenjatai dengan perfoma mesin 624 cc dengan 2 cilinder MPFI yang amampu menyemburkan tenaga sebesar 35 PS. Dengan tenaga sebesar itu mobil ini mampu melakukan akselerasi dengan cepat dan matap saat digeber dengan kecepatan yang tinggi. Harga Tata Nano ini pun sangat terjangkau karena di Indonesia tata nano hanya dibanderol dengan harga sekitar 30 jutaan.

Spesifikasi Tata Nano

Mesin
Tipe 624 cc, 2 silinder, MPFI
Kapasitas 624 cc
Kecepatan maksimum 105 km per jam
Konsumsi BBM 23,6 km per liter
Maksimum Power 35 Ps pada 5.200 RPM
Torsi Maksimum 48 Nm pada 3.000-3.500 RPM
Dimensi
Dimensi (PxLxT) 3.099 mm x 1.495 mm x 1.652 mm
Jarak Sumbu Roda 2.230 mm
Ground clearance 180mm
Berat Kosong 635 kg
Kapasitas Penumpang 4 Orang
Rangka dan Kaki-Kaki
Suspensi Depan Independent, lower wishbone, McPherson Strut
Suspensi Belakang Independent, Semi Trailing arm with coil spring
Ukuran Ban Depan  135/70 R 12
Ukuran Ban Belakang 155/65 R 12
Type Pengereman Dual Circuit, Vertical spilt opereted by tandem master cylinder with vacum booster
Fitur
Fitur
  • Ac
  • Central Lock
  • Powew Windows

Tata Nano