Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

oleh

Manfaat Kumis Kucing – Sepintas Anda mungkin sedikit terkejut membaca judul makalah ini. Ya, tulisan ini memang akan meninjau manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan pengobatan tubuh. Tapi tunggu, yang kami maksud bukanlah kumis kucing atau kumis meong yang setiap kali mengintai ayam di dapur Anda (ha ha ha), maksud kami di sini adalah daun tanaman yang disebut kumis kucing. Rupanya kumis kucing meninggalkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, sehingga daun sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Manfaat Kumis Kucing
Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Nutrisi dan Gizi Kumis Kucing :
Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan :
1. Mengatasi Batu Ginjal
2. Mengobati Masuk Angin
3. Menghilangkan Keputihan
4. Meredakan Gejala Diabetes
5. Melancarkan Pembuangan Air Kemih
6. Mengobati Penyakit Albuminaria
7. Mengatasi Asam Urat
Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan Lainnya :
Cara Memanfaatkan Kumis Kucing Untuk Kesehatan :
Manfaat Kumis Kucing Untuk Kecantikan :
1. Mengobati Gangguan Pada Kulit
2. Sebagai Anti jamur
Manfaat Kumis Kucing Untuk Kecantikan Lainnya :
Cara Memanfaatkan Kumis Kucing untuk Kecantikan :
Efek Samping Kumis Kucing :

Manfaat Kumis Kucing Untuk Obat Herbal

Manfaat dan khasiat kumis kucing paling terkenal adalah untuk mempermudah buang air kecil. Dan tidak sedikit orang yang menggunakan daun kumis kucing untuk mengobati sakit gijal, mulai dari batu ginjal hingga infeksi ginjal. Tidak cukup di dalamnya saja manfaat dan khasiat kumis kucing juga menyembuhkan berbagai penyakit lainnya.

Kumis kucing yang memiliki nama latin ortosiphon aristatus sebenarnya sangat mudah untuk ditanam, terutama di daerah beriklim tropis, jenis batang dan juga sedikit daun basah dan memiliki akar akar tunggang yang memiliki banyak kandungan di dalamnya, jadi jangan kaget jika kucing itu cambang digunakan untuk jamu.

Apa itu daun kumis kucing ?

Kumis kucing adalah tanaman yang memiliki benang halus putih seperti kumis yang dimiliki oleh kucing. Tanaman kumis kucing atau yang biasa disebut dalam bahasa Latin Orthosiphon Aristatus telah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman obat yang berkhasiat dan berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Ahli gizi, Dr. med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK mengungkapkan, ada dua jenis cambang kucing, yaitu bunganya yang berwarna putih dan ungu. Meski begitu, yang digunakan untuk obat bukanlah bunga, tetapi daun dan ujung batangnya masih muda.

Maya mengatakan ada beberapa manfaat kumis kucing, salah satunya mengobati sakit punggung yang disebabkan oleh penyakit batu ginjal.

Jika Anda belum pernah melihat kumis kucing, Anda dapat mencari gambar atau gambar di internet. Atau hanya liat gambar pertama di tulisan ini. Itu gambar kumis kucing itu. Sementara beberapa karakteristik yang akan Anda temukan pada tumbuhan yang disebut latin Orthosiphon Aristatus ini adalah:

  1. Konstruksi bagasi tegak dan sedikit basah
  2. Akarnya bermacam ragam pengendara sehingga tanaman tumbuh sangat kuat
  3. Segmen cabang meninggalkan dahan
  4. Daun menempel langsung ke batang dengan posisi bergantian
  5. Tangkai daun memiliki panjang sekitar 7 hingga 29 cm
  6. Bentuk daunnya bulat agak lonjong dengan panjang sekitar 1 hingga 10 cm

Di Indonesia, kumis kucing memiliki berbagai nama. Misalnya di Sumatera, tanaman yang berasal dari Afrika diberi nama setelah giri-giri, di Madura dinamai songot koneng sementara orang Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya remujang. Di Inggris berbeda lagi, tanaman yang biasanya tumbuh subur di daerah dengan tanah yang gembur, berumus, cukup air dengan persediaan udara yang baik, yang disebut tanaman teh ginjal atau teh jawa.

Apapun namanya tidak menjadi masalah. Karena bunga dari tanaman ini adalah daun yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Apa manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan obat-obatan? di sini adalah ulasan untuk Anda.

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan
Manfaat Kumis Kucing

1. Mengobati sakit pinggang

Umumnya pria yang sudah berusia 45 tahun ke atas dengan aktivitas fisik yang solid, akan sangat rentan terhadap nyeri punggung. Ini bisa dimaklumi karena selain melelahkan, aktivitas fisik juga akan sangat melelahkan dan berisiko, terutama bagi pria yang sehari-hari bekerja mengangkat dan memikul beban yang berat. Posisi yang salah bisa menjadi penyebab sakit punggung. Jika ini terjadi, Anda bisa memanfaatkan kumis kucing, caranya adalah dengan membuat campuran kumis kucing dan kumis kucing. Ramuan ini maka Anda minum setidaknya sekali sehari. Secara bertahap, rasa sakit di pinggang Anda akan mereda dan menghilang.

2. Obat hipertensi atau darah tinggi

Manfaat kumis kedua kucing adalah mengobati penyakit darah tinggi. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berlebihan dalam mengonsumsi makanan dengan kadar kadar gula tinggi, kandungan lemak tinggi atau garam tinggi.

Bisa juga disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang seperti kebiasaan merokok rokok, mengkonsumsi alkohol, tetap kesal dan kebiasaan buruk lainnya. Karenanya sebisa mungkin kurangi atau hindari kebiasaan buruk dan makanan yang berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi.

Seolah sudah terlanjur terkena penyakit darah tinggi, kumis kucing bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

Caranya adalah minum setidaknya satu gelas sehari kumis kucing. Anda dapat membuat bahan sendiri dengan dosis dan cara berikut:

  • 50 gram daun kumis kucing kering direbus dengan air secukupnya
  • 50 gram daun kumis kucing basah diseduh dengan air panas secukupnya
  • Campur kedua ramuan sebelum diminum

3. Mengobati penyakit batu ginjal atau kecing batu

Batu ginjal atau batu kemih terjadi karena zat sisa pengendapan yang dihasilkan dari pembersihan darah oleh ginjal. Umumnya penyakit ini akan menyerang orang yang berusia 30-60 tahun. Penyebab lain yang bisa memicu munculnya penyakit ini adalah karena ginjal kita kekurangan bahan pencegah endapan kristal, yang jika ini terjadi, maka secara bertahap kristal akan membeku dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Langkah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan merutinkan untuk minum air setiap hari dalam jumlah banyak dan hindari minuman atau makanan yang mengandung gula awetan. Sementara untuk mengobati penyakit batu ginjal dengan kumis kucing bisa kita lakukan dengan membuat ramuan yang terbuat dari 90 gram kumis kucing yang telah dibersihkan, direbus dengan segelas air. Rebus hingga airnya tersisa sekitar setengah gelas, kemudian minum ramuan itu tiga kali sehari.

4. Mengobati keputihan pada wanita

Ramuan kumis kucing daun juga berkhasiat untuk mengobati keputihan. Penyakit ini hanya terjadi pada wanita, ditandai dengan keluarnya cairan putih tebal dari organ intim. Meski terkadang dianggap sepele, penyakit ini sangat berbahaya, jika perlahan ditangani, keputihan bisa menyebabkan kemandulan bahkan kematian. Ramuan daun kumis kucing untuk mengobati keputihan bisa dibuat dengan cara berikut.

Siapkan bahan-bahan seperti:

  • Segenggam daun kumis kucing
  • Segenggam daun beluntas
  • 10 biji kemukus
  • Teh jinten hitam 1 sendok dan air

Cara meramunya adalah merebus semua bahan hingga mendidih, lalu minum ramuan ini setidaknya dua kali sehari.

5. Mengobati sembelit atau susah buang air besar

Konstipasi atau sulit buang air besar adalah tanda pencernaan Anda sedang terganggu. Salah satu alasannya adalah Anda mengonsumsi lebih sedikit makanan berserat yang pada akhirnya menyebabkan bangku (ma’af) atau tinja Anda mengeras sehingga sulit dihilangkan. Jika ini terjadi maka siapkan beberapa daun kumis kucing, lalu rebus dengan segelas air sampai benar-benar mendidih. Setelah dingin, minum setidaknya satu kali sehari atau sampai usus Anda kembali normal.

Jadi tinjau beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Manfaat dan Khasiat Daun Kumis Kucing Lainnya:.

  1. Mengobati batuk
  2. Mengobati radang ginjal
  3. Mengobat peradangan atau pembengkakan
  4. Melancarkan haid pada wanita
  5. Mengatasi asam urat
  6. Meredakan nyeri sendi
  7. Mencegah nyeri otot
  8. Mengobati keputihan

Baca juga: Trik Mudah Cara Menanam Cabai Rawit di Rumah

Kumis kucing tidak diragukan lagi bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kumis kucing, raksasa yang marah, remujung, songot kerucut atau Orthosiphon aristatus sudah dikenal sebagai herbal dari keluarga Labiatae atau lamiaceae. Tanaman ini adalah ramuan obat yang banyak ditemukan di seluruh Cina selatan, anak benua India, Asia Tenggara dan sebagian Australia. Tanaman herbal ini dikenal sebagai kumis kucing di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat lebih dikenal sebagai teh jawa / tanaman teh ginjal.

Tinggalkan Balasan