Berikut manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan

oleh
Berikut manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan
Berikut manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan

Manfaat Daun Sirih Merah Dan Hijau Untuk Kesehatan – Apa yang akan Anda pikirkan ketika Anda pertama kali membayangkan daun sirih? Ada cukup banyak orang yang mengingatnya sebagai salah satu bahan dari orang tua yang sudah lanjut usia.

Baca juga: Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, daun sirih juga sering digunakan sebagai bahan alami yang mampu mengobati masalah sakit gigi, terutama gigi berlubang. Namun, menurut ahli kesehatan, ada banyak sekali manfaat kesehatan lain yang bisa diperoleh dari daun sirih.

Berikut ini manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

Membantu proses penyembuhan luka

Daun sirih ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Cara mengolahnya, Anda hanya perlu menggosok daun sirih pada lukanya dan setelah itu tinggal dibalut dengan balutan. Luka ini akan dapat segera pulih hanya dalam 1-2 hari.

Mengatasi gangguan pencernaan

Khasiat daun siri diyakini dapat mengatasi ketidaknyamanan di perut. Caranya, minum air rebusan daun sirih. Konsumsi air matang membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, kita juga bisa mengaplikasikan minyak daun sirih ke perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

Menghambat karies gigi

Kebiasaan kicau dari beberapa orangtua yang lebih tua terbukti baik untuk gigi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan karies gigi. Karies gigi merupakan salah satu cacian kesehatan yang paling sering dialami.

Kandungan minyak esensial, flavonoid, alkanoids, dan senyawa fenolik diyakini dapat menghambat karies gigi. Semua senyawa ini pada dasarnya aktif terhadap bakteri S. mutans

Mengatasi sakit tenggorokan

Tidak hanya kaya kandungan antioksidan, daun sirih lainnya juga memiliki sifat anti-peradangan dan anti-bakteri. Cukup banyak obat-obatan yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena mereka mampu mengatasi demam atau radang tenggorokan.

Membantu menurunkan berat badan

Anda bisa merasakan manfaat daun sirih jika Anda rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih. Efek positifnya, sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Tidak hanya itu, manfaat daun sirih lainnya juga akan membuat sekresi pencernaan meningkat sambil menghilangkan kelembaban atau racun berlebihan dari tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sedangkan serat dari daun sirih membantu mengurangi kadar lemak di tubuh sembari mengatasi sembelit. Ini tentu akan membuat berat lebih mudah untuk turun.

Sebagai antiseptik

Khasiat daun sirih telah lama digunakan oleh masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetik, antikanker dan untuk menyembuhkan penyakit infeksi. Sayangnya, beberapa manfaat daun sirih belum didukung oleh bukti ilmiah yang valid.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa antiseptik yang berasal dari daun sirih lebih baik mengandung sabun non-antiseptik. Namun, meskipun temuan ini mengatakan sabun antiseptik (daun sirih) lebih baik, analisis lebih lanjut diperlukan apakah bakteri yang tersisa bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak.

Mengobati nyeri

Kandungan polifenol yang tinggi yang disebut chavicol pada daun sirih membuat daun ini memiliki sifat anti-peradangan yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih, rasa sakit yang muncul di tubuh akan hilang.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, khasiat daun sirih seperti yang dijelaskan di atas membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar proses penyembuhan lebih tepat.

Tinggalkan Balasan