Jokowi Meminta PT PLN Melakukan Efisiensi Agar Listrik Murah

oleh
Jokowi Meminta PT PLN Melakukan Efisiensi Agar Listrik Murah
Jokowi Meminta PT PLN Melakukan Efisiensi Agar Listrik Murah

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta PT PLN (Persero) melakukan berbagai efisiensi dalam memproduksi listrik, agar masyarakat tak terbebani dengan tarif yang tinggi.

Salah satunya adalah, dengan memperhatikan biaya logistik, seperti transportasi angkutan batu bara bisa menjadi lebih hemat.

“Saya juga titip, ini masalah efisiensi, agar semua biaya-biaya itu dicek betul secara detil baik yang harga batu bara, baik yang biaya transportasi angkut batu bara, jangan dibolak-balik sehingga ongkos transportasinya jadi tinggi terus enggak jadi efisien,” katanya, di kawasan Serang, Banten, Kamis (5/10/2017).

Baja Juga : PLN Percepat Pasokan Listrik ke Maluku dan Papua

Bila demikian, nantinya biaya pokok produksi (BPP) akan menjadi lebih tinggi. Nantinya, tarif listrik pun bisa membebani masyarakat. Namun, bila BPP bisa terus ditekan, masyarakat bisa menikmati listrik yang murah.

“Bebannya nanti yang tanggung masyarakat,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta PLN dan Kementerian ESDM untuk bisa melistriki berbagai daerah di seluruh wilayah di Indonesia. Sebab, kata Jokowi, masih ada beberapa daerah yang belum bisa merasakan listrik secara penuh.

“Karena masih banyak, terutama saudara-saudara kita yang belum dialiri listrik dan saya sudah perintahkan Kementerian ESDM untuk diprioritaskan,” katanya. (wdl/wdl)

sumber : finance.detik.com