Burung  

Racikan Khusus Pakan Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Juara

Sejarah dan Asal-usul Burung Lovebird di Indonesia

Burung lovebird bukanlah burung asli indonesia, burung dengan aneka macam warna yang indah ini sesungguhnya berasal dari Afrika. Dihabitat asalnya burung lovebird hidup secara berkelompok atau berkoloni, maka tak heran jika burung afrika tersebut menjadi salah satu simbol kerukunan dalam berpasangan. Jika dua ekor burung lovebird (jantan dan betina) dijadikan satu kandang, maka mereka akan menjadi sepasang kekasih yang saling mencintai dan menyayangi, selalu berdekatan dan tak mau dipisahkan. Itulah sebabnya kenapa burung dengan warna cantik dan menjadi simbol cinta terhadap pasangan tersebut dinamakan burung lovebird.

Baca Juga : Cara Membuat Sangkar Burung Bentuk Bulat

Racikan Khusus Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Juara

Racikan khusus makanan atau pakan lovebird untuk lomba, ternak dan juga membuat ngekek panjang. Setelah membahas tentang pemasteran lovebird dengan benar, selanjutnya anda akan mengetahui tentang racikan khusus pakan pada lovebird. apa-apa saja, simak terus artikel Racikan Khusus Pakan lovebird yang akan diberikan untuk para pecinta lovebird ditanah air.

Entah siapa dan kapan, pernah diantara kita semua salah tafsir perihal pemberian dan meracik pakan terhadap lovebird. Namun untuk memperlurus pengetahuan soal pakan pada lovebird, kita akan menjelaskannya secara singkat dan juga jelas, agar tidak ada yang salah duga lagi.

Membuat racikan Milet adalah pakan yang sangat disukai oleh burung pemakan biji-bijian seperti kenari, finch, parkit, dan juga lovebird.  Mengapa milet sebagai makanan favorit burung lovebird ini, karena pakan ini terkandung sebuah nutrisi yang tinggi untuk burung peliharaan Anda. Milet bisa dalam berbagai cara pemberian pakan, misalnya seperti mencampur bahan pakan lain agar bisa meresap ke dalam bijinya sebelum dikonsumsi oleh burung. Selain itu, Milet ini juga bisa membuat burung Anda menjadi lebih sehat, aktif, dan lebih rajin berbunyi.

Baca : Mengenal Keunikan Karakter Burung Merpati

Cara Meracik Pakan Lovebird :

1. Milet, takaran tergantung sesuai dengan kebutuhan.

2. Beberapa butir telur ayam.

3. Beberapa buah tulang sotong.

Langkah – Langakah Meracik Pakan Lovebird :

  • Sebelum anda gunakan, sebaiknya milet terlebih dahulu dikeringkan. agar kulit kerasnya bisa menyerap pada bahan-bahan pakan lainnya dan juga masuk ke dalam bijian. Pengeringan bisa Anda lakukan dengan cara dijemur selama beberapa jam. di sarankan untuk menggunakan oven listrik dengan suhu berkisar 150°C dan dipanggang selama sekitar 3 – 5 menit.
  • Setelah mengering, milet akan mudah menyerap ke bahan-bahan pakan yang dicampurkan secara bersamaan. Simpanlah milet disaat sudah dikeringkan kedalam wadah, disamping itu Anda tetap sambil menunggu proses pengolahan bahan pakan lainnya.
  • Selanjutnya adalah mencuci telur dengan air yang bersih. Lalu, pecahkan dan kumpulkan isinya dalam satu wadah. Aduk hingga telur tercampur dengan rata.
  • Anda tidak perlu membuang kulit telur / kerabang ataupun cangkang, kumpulkan lalu keringkan kedalam oven selama beberapa menit. Setelah kering, maka Anda selanjutnya untuk memblender cangkang telur hingga menjadi tepung.
  • Selanjutnya, Anda harus menyiapkan tulang sotong, lalu Anda ambil bagian tengah yang berwarna putih, lakukan dengan cara diblender hingga menjadi tepung. Apabila kulit tulang sotong keras, Anda bisa membuangnya.
  • Lanjut, Anda selanjutnya bisa mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam adonan telur , l aduklah hingga bahan tercampur rata.
  • Semua adonan Anda campurkan ke dalam milet, jangan lupa untuk mengaduk semua bahan tagar tercampur merata. Untuk mengeringkan milet sobat bisa melakukannya dengan cara diangin-anginkan hingga semua bahan menyerap ke dalam seluruh biji milet.
  • Setelah kering, maka milet racikan yang sudah Anda keringkan sudah bisa segera Anda berikan kepada lovebird peliharaan Anda.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Bakalan Lovebird (Paud) Yang Bagus

Itulah beberapa tips dan resep makanan lovebird untuk lomba, ternak dan juga membuat ngekek panjang. Semoga artikel “Racikan Khusus Pakan Lovebird” ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan