Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote

oleh

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote

Berikut ini adalah cara agar smartphone Xiaomi kita dapat mengendaikan Televisi seperti sebuah remote TV. Selain itu, cara ini juga dapat diterapkan atau di setting untuk mengendalikan AC, Proyektor, DVD player, Kamera, Kipas Angin,dll.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menjadikan smartphone Xiaomi kita menjadi remote TV. Untuk AC, Proyektor, Kamera, dll cara menghubungkan dan prinsip kerjanya sama dengan pengoperasian TV, yang berbeda hanya media yang dioperasikannya saja.

Baca :

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote

Car ini Dapat diterapkan atau di setting pada banyak type smartphone Xiaomi (tidak hanya di Xiaomi Redmi Note 3), asalkan telah memiiki sensor Infra Red(IR) didalamnya. Sensor Infra Red tidak dapat dipasang secara manual seperti halnya sebuah aplikasi, sensor ini bersifat fisik, jadi sebelum menghubungkan Smartphone Xiaomi anda dengan Televisi, pastikan dahulu bahwa smartphone anda mempunyai fitur Infra Red.

Kami mempraktekan cara ini pada Samsung LED TV & SHARP LED TV langsung berhasil pada percobaan pertama.

Bila telah dipastikan smartphone Xiaomi anda telah memiki fitur Infra Red maka kita dapat melanjutkan ke langkah – langkah dibawah ini:

1. Pastikan TV dalam keadaan Stand By

Pastikan TV anda dalam keadaan standby terhubung dengan listrik. Pada praktek kami posisi TV dalam keadaan menyala (Power ON).

2. Buka aplikasi Mi Remote

Buka aplikasi Mi Remote yang (biasanya) telah terinstall di Smartphone Xiaomi. Bila belum tersedia, bisa install dulu dari Play Store (cari dengan kata kunci “Mi Remote”).

3. Pilih “Add Remote”

Pilih tambah perangkat (Add Remote) atau klik simbol tambah /plus pada pojok kiri atas. Bila belum mendaftarkan perangkat apapun biasanya pilihan menambahkan perangkat ada pada bagian tengah-bawah layar.

4. Pilih Jenis Perangat (TV, AC, Kamera, dll)

Pilih perangkat yang ingin dihubungkan, karena kita akan mempraktekannya dengan TV maka kita pilih Televisi (TV) ditandai dengan ikon televisi.

5. Pilih Merek /Brand

Pilih merek /brand televisi yang digunakan atau yang akan dikendalikan melalui smartphone anda, Samsung, Sharp, LG, dll. Bila tida menemukan brand yang diinginkan cobalah pilih pilihan >Others.

6. Test Button /Cek tombol

Pada penghubungan pertama anda akan diminta untuk melakukan ‘test button’atau melakukan pengetesan tombol – tombol yang nantinya akan tersedia di layar smartphone. Arahkan kepala smartphone ke layar televisi kemudian klik tombol yang muncul didalam layar smartphone.

Bila televisi anda merespon (mati /turn off) maka pilih YES di pilihan yang muncul setelah menekan tombol percobaan. Lanjutkan mengetest tombol lainnya sampai selesai.

7. Tambahkan Televisi (Paired)

Tambahkan Televisi ke daftar perangkat yang telah dihubungkan. Beri nama perangkat sesuai keinginan contohnya seperti “Televisi ruang tengah” atau “Televisi kamar”.

8. Enjoy!

Setelah menambahan televisi maka anda sudah dapat mengoperasikan Televisi melalui smartphone Xiaomi. Selanjutnya anda tidak perlu menambahkan lagi televisi dari awal, cukup buka aplikasi Mi Remote dan pilih perangkat yang akan dioperasikan (tidak perlu lagi melakukan percobaan tombol dan lain – lain).

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman yang sedang mencari cara menghubungkan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 dengan perangkat lain (televisi). Perlu diingatkan lagi bahwa cara ini dapat diterapkan pada smartphone type lainnya juga, asalkan telah terpasang Infra Red.

Apakah bisa diterapkan di TV Tabung?

Jawaban singkatnya, BISA! Sudah dipraktekan sendiri oleh tim rinditech.com kepada TV tabung merk Polytron dan berhasil di percobaan pertama. sampai pada akhir pengujian tidak menemukan masalah apapun.

Perlu dicatat bahwa kami tidak menjamin semua TV tabung bisa dikontrol dengan Smartphone, untuk TV yang sudah LCD atau LED saja masih ada beberapa yang tidak bisa dihubungkan dengan smartphone, apalagi TV masih tabung, yang teknologinya lebih sederhana. Namun untuk menjawab pertanyaan apakah Mi Remote bisa dihubungkan dengan TV tabung? Sesuai pengalaman kami maka jawabannya adalah, Bisa!.

Mengatasi Icon Televisi yang hilang di Mi Remote

Pertanyaan sama yang didapatkan setelah membaca postingan ini adalah, “kok icon tv nya ga ada ya di mi remote?”. untuk mengatasinya anda bisa melakukan langkah – langkah dibawah ini:
Ganti lokasi ke Hong KongHapus Chace Mi RemoteBuka Kembali (restart) Mi Remote. SelesaiCara ini kami dapat dari salah satu komentar yang ada pada artikel ini, ucapan terima kasih kepada agan “Coret – Coret” yang telah berbagi trik untuk memunculkan icon tv kembali. berikut screenshot komentar (sharing) nya.

Bila anda mengalami kesulitan dalam mempraktekan cara ini bisa langsung berdiskusi di kolom komentar dibawah, Insyaalla kita bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!